Kamis

Pengalaman Melamar Kerja di Alfamidi Terbaru 2019

Pengalaman melamar kerja di Alfamidi, sebenarnya tata cara melamar kerja di perusahaan retail seperti Alfamart, Indomart, Alfamidi, Lawson atau Dan Dan semuanya sangat mirip dan hampir sama. Mungkin hanya beberapa prosedur saja yang berbeda.
Pengalaman Melamar Kerja di Alfamidi Terbaru 2019

Kali ini saya ingin membagikan pengalaman melamae kerja di Alfamidi yang baru-baru ini saya lakukan.

Ada 2 jenis cara melamar di Alfamidi yaitu walk interview, atau menaruh lamaran terlebih dahulu. Kebetulan saya mendapatkan cara melamar dengan menaruh lamaran terlebih dahulu.

Setelah menaruh lamaran di toko Alfamidi yang mengadakan lowongan, Saya diberi kertas nomor kecil seperti kupon untuk menandakan saya memang sudah menaruh lamaran.

Beberapa hari kemudian saya datang ke toko tersebut untuk di tes seleksi, di jadwal sendiri disuruh pukul 9 pagi, dan ramai sekali yang mengikuti seleksinya. Ada hampir 200 orang dan kebanyakan laki laki, karena posisi perempuan hanya kasir saja.

Saat hari seleksi, para pelamar diharapkan untuk membawa kartu keluarga, KTP dan alat tulis. Juga mengenakan pakaian atau seragam hitam putih.

Setelah pihak rekrutmen datang sekitar jam 9.30 karena macet jadinya sedikit telat. Saya dan pelamar lain dibimbing menuju ruangan atas temlat seleksi, disana kami dibagikan absen dan map berisi lamaran yang sudah saya berikan beberapa hari lalu.

Setelah itu ada proses atau seleksi body check. Untuk body check, yang diperiksa hanyalah lengan dari telapak tangan sampai siku dan kaki dari telapak kaki sampai lutut.

Tinggi badan juga diukur dan yang terakhir adalah tes mata, tes mata ini saya harus melihat nomor diantara beberapa warna untuk memastikan saya tidak buta warna.  ada sedikit interview kecil kecilan juga saat proses body check.

Bagaimana dengan yang berkaca mata?

Tenang, karena saat saya selesai body check dan ternyata lulus, saya kembali naik keatas dan mengisi formulir pendaftaran. Disana saya melihat ada 1 orang yang lulus tahap body check , padahal mengenakan kacamata. Artinya yang penting mata anda bisa melihat cukup baik dan tidak buta warna.

Untuk yang tidak lolos tahap body check, mereka akan langsung dipulangkan, Setelah itu saya mengisi formulir pendaftaran sesuai ktp dan kk, disinilah pentingnya membawa ktp dan fotocopy kk.

Setelah selesai mengisi formulir saya dan para pelamar lain diberikan nomor absen untuk mulai mengikuti tes psikotest. Nomor absen ini sangat penting karena lulus atau tidak lulusnya Anda dilihat dari kode nomor absen.

 Saay tes psikotest ada sekitar 40 soal yang berbentuk simbol, menurut saya soalnya cukup mudah karena saya berhasil mengisi 39 soal dari batas tenggat waktu yang diberikan. Walaupun belum tentu benar semua haha.

Setelah tes mengisi simbol tadi yang fungsinya mengetes otak kiri anda atau logika. Saya diberikan formulir yang berisi 40 pernyataan yang dibagi menjadi 2 yaitu kolom A pernyataan mengenai diri kita dan kolom B pernyataan mengenai perusahaan.

Saya sarankan mengisi sesuai dengan kenyataan misalkan Anda orang yang bersemangat maka ceklis bagian tersebut, lalu untuk pernyataan perusahaan anda pilih sesuai harapan Anda, contohnya "aturan jelas" yang artinya anda berharap perusahaan alfamidi ini memiliki peraturan yang jelas.

Setelah tes psikotest beres, nanti hasilnya akan diumumkan sekitar 1 jam kemudian, biasanya hasil akan ditempel di kaca depan toko alfamidi, disini Anda harus mencari nomor Absen Anda saat mengisi tes psikotest tadi. Jika nomor tidak ada atau dicoret, itu artinya Anda tidak lolos.

Jika nomor absennya ada dan tidak dicoret itu artinya lolos tahap berikutnya, ditahap berikutnya saya diberikan kertas seukuran A3 seperti formulir pendaftaran juga tapi versi resmi.

Setelah di isi secara lengkap dan mengikuti intruksi dari pihak rekrutmen , semua yang ada didalam ruangan diberikan petunjuk untuk training. Seperti berkas yang perlu dibawa saat training, seragam saat training. Dll


Oke sekian dulu review pengalaman melamar kerja di alfamidi, kenapa tahap trainingnya gak diceritain? Karena saya belum training. Saya harus menunggu bulan depan baru di training, selama kira kira 2 minggu.

Jadi nantikan artikel selanjutnya ya!