Senin

7 Tips Cara Membaca Buku Dengan Cepat dan Efisien

Saya tidak pernah suka membaca ... Saya menyalahkan sistem pendidikan, tentu saja. (Ya, itu bukan salah saya, kan? Jika saya tidak suka membaca?) Anda juga tahu, sangat sulit untuk menikmati membaca buku, ketika setiap buku yang diberikan guru kita tidak menarik bagi sama sekali. Jadi saya membenci hal tersebut. Karena Itu adalah tugas, bukan hal menyenangkan.

Kemudian ketika saya selesai sekolah dan menempuh jalan saya sendiri. Dengan segera saya menemukan bahwa jenis buku yang berbeda juga ada - tentunya buku yang sangat menarik. Faktanya, ada begitu banyak buku yang tidak bisa saya nikmati karena kurangnya waktu luang.


Waktu luang yang hanya ada beberapa jam dalam sehari, membuat saya harus membaca lebih cepat jika ingin menikmati banyak buku. Di situlah skill membaca cepat menjadi diprlukan. Saya telah melakukan beberapa riset dan menghasilkan 7 daftar poin penting untuk membaca cepat. Berkat trik ini saya dapat membaca satu buku setiap minggu hanya dengan menghabiskan beberapa jam di hari Minggu.

Berikut ini adalah :

7 Cara Membaca Buku Dengan Cepat dan Efisien

7 Cara Membaca Buku Dengan Cepat dan Efisien

1. Jangan Diulang

Ini adalah hal yang benar-benar memperlambat kita. Setiap kali Anda menemukan diri Anda mengulangi kata-kata dalam pikiran Anda atau dengan suara keras, Anda secara signifikan akan mengurangi kecepatan membaca Anda.

 Tujuannya adalah membaca dengan mata Anda, bukan dengan mulut Anda. Trik termudah untuk ini adalah dengan mengulangi sesuatu yang lain. Sesuatu seperti: "1 2 3 4 5" atau "a e i o u". Ini akan memenuhi pikiran Anda dengan aktivitas sederhana sehingga tidak ada cara lain bagi Anda untuk membaca selain hanya menggunakan mata Anda - yang merupakan rahasia sebenarnya dari membaca cepat.

2. Baca dengan jari Anda

Idenya sangat sederhana. Cukup gunakan jari Anda untuk melacak di bawah baris saat Anda membaca. Jari akan menentukan kecepatan Anda sehingga mudah untuk mempercepat atau memperlambat bila perlu. Ingat saja, jari menentukan kecepatan membaca Anda, bukan sebaliknya. Setelah Anda menetapkan kecepatan tertentu, tetap gunakan tempo tersebut.

Jadi ketika anda menggeser jarinya lebih cepat maka kecepatan membaca anda juga menjadi semakin cepat

3. Fokus

Ini mungkin terdengar jelas tetapi perlu disebutkan di sini. Ketika saya membaca sesuatu di masa lalu, meskipun hal itu menarik, saya sering  mendapati pikiran saya berkeliaran dan memikirkan hal-hal lain,

jadi saya harus membaca ulang kalimat yang sama beberapa kali untuk memahaminya. Ketika anda membaca dengan cepat sangat sulit melakukannya jika sambil memikirkan hal lain. Namun, ketika Anda membaca dengan cepat, sangat mustahil untuk melakukannya dan memikirkan hal lain pada saat yang bersamaan, jadi fokuslah!


4. Aturan kata ketiga

Inilah yang Anda lakukan: mulai membaca setiap baris pada kata ketiga, dan akhiri setiap baris pada kata ketiga dari akhir. Jangan khawatir, Anda tidak akan kehilangan informasi apa pun. Mata Anda akan menangkap kata-kata pertama dan terakhir itu juga, dengan menggunakan sesuatu yang disebut penglihatan tepi.

Sebagai contoh, pertimbangkan baris teks seperti ini:

"marry punya anak domba kecil tapi dia memakan domba tersebut untuk makan malam."

Kata-kata dalam huruf tebal menunjukkan titik fokus.

5. Jangan membaca setiap kata secara terpisah

Cara termudah untuk melakukan ini adalah membaca dari jarak yang lebih besar (seperti 2 kaki).

Tujuannya di sini adalah untuk tidak fokus pada kata tunggal secara individu, tetapi untuk membaca dua atau tiga kata dari mereka hanya dalam satu lirikan. Jadi maksudnya adalah, Anda melihat sepotong teks dan membaca beberapa kata sekaligus, lalu Anda  melirik kata lain dari kata-kata di sebelahnya, dan seterusnya.


6. Jangan melompat mundur

Ini adalah masalah yang sangat umum. Hal ini terjadi tanpa kita sadari (pada awalnya). Fakta bahwa melewatkan kembali untuk membaca kembali satu kata (atau bahkan seluruh kalimat) memperlambat Anda dalam membaca.

Jika Anda ingin meningkatkan kecepatan membaca Anda, Anda harus melawan kebiasaan ini. Tetapi pertama-tama Anda harus mengakui bahwa kebiasaan ini ada, sadarilah bahwa Anda memang melakukannya. Maka cobalah untuk berhenti. Membaca dengan jari Anda banyak membantu di sini, ingatlah untuk selalu mengikuti jari.

7. Memulai dengan cepat

Mulailah membaca terlalu cepat untuk dapat memahami semuanya dengan nyaman. Kemudian, setelah satu atau dua halaman, perlambat kembali hingga menemukan kecepatan yang nyaman bagi Anda. Sama seperti mengemudi di jalan raya, jika Anda menggunakan kecepatan 90KM dan kecepatannya tiba - tiba diperlambat hingga 70KM rasanya akan lambat, tetapi jika Anda memulai dengan kecepatan 50KM dan mempercepat lajunya hingga 70KM rasanya lebih cepat meskipun itu kecepatan yang sama.

Itu saja untuk daftar cara membaca buku dengan cepat kali ini. Saya harap tips ini membantu. Katakan padaku, apa trik nomor satu dalam gudang teknik membaca cepatmu?