Minggu

Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree

Apa sih bedanya Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree? - biasanya orang indonesia sering tertukar dan tidak tahu jika mereka salah menyebutkan, misalnya saja ketika ada yang mau meminjam earphone ke saya, dia malah meminta dengan menyebut headset atau handsfree.
Orang yang sedang mengggunakan Headphone
Sebenarnya tidak salah jika mereka tertukar menyebutkan namanya karena memang fungsi utamanya sama. Hanya sebagai perantara untuk mendengarkan audio seperti musik, suara telepon atau bahkan untuk menyampaikan suara seperti mendubbing.

Dengan menggunakan alat dengar audio seperti headset, maka akan semakin jelas dibandingkan ketika menggunakan speaker.

Nah untuk kalian yang belum tahu, apa sih perbedaan dari headset dengan headphone atau perbedaan earphone dengan dengan handsfree? Berikut ini adalah penjelasannya!

Baca juga : Manfaat Menggunakan Earphonr Bluetooth

1. Headphone

Contoh Gambar Headphone

Headphone adalah alat elektronik yang didesain hanya untuk mendengarkan audio saja tanpa adanya mic, biasanya digunakan untuk mendengarkan musik. Contohnya  bisa kalian lihat seperti di gambar.

Bentuknya cukup besar untuk menutupi seluruh area telinga kalian. Kualitas suara yang dihasilkan juga akan lebih bagus karena memang didesain hanya untuk mendengarkan audio.

Untuk ukuran ada 2 jenis yang membedakan sama halnya dengan headset

Full Size/Over Ear Headphone 


Headphone full size adalah headphone yang menutupi semua bagian telinga sehingga suara terdengar sangat jelas. Namun jika digunakan dalam jangka waktu panjang dan suara keras, dapat mwngganggu pendengaran.

- On Ear Headphone 


OEH adalah headphone dengan ukuran lebih kecik yang hanya menutupi daun telinga saja dan suara dari luar masih bisa masuk.

Baca juga : Cara Atasi Suara Headset Kecil

2. Headset

Contoh Gambar Headset

Headset adalah Headphone yang dilengkapi dengan mikrofon sebagai alat penyampai suara, sehingga fungsi dari headset lebih banyak. Bisa digunakan untuk mendengarkan audio juga untuk menyampaikan suara.

Biasanya headser digunakan untuk PC dan Laptop, jika Headphone hanya memiliki satu jack, headset memiliki 2 kabel jack satu untuk mic dan satu untuk audionya.

Contoh headset yang sering digunakan adalah headset gaming dan juga headset yang sering dipakai di call center.

Baca juga : 15 Earphone Xiaomi Terbaik!

3. Earphone

Contoh Gambar Headphone

Earphone merupakan headphone dengan ukuran yang lebih kecil dan mungil, jika headphone memiliki ukuran yang besar hingga menutupi telinga.

Earphone hanya menutupi lubang telinga, biasanya dibawa sepaket dengan smartphone. Earphone juga lebih mudah dibawa kemana - mana ketimbang headphone. Walaupun teling akan terasa sakit jika terlalu lama menggunakannya.

Baca juga : 20 Headset dan earphone terbaik

4. Handsfree

Contoh gambar handsfree

Handsfree adalah bentuk pengecilan dari headset. Bentuknya sama saja dengan earphone namun diberikan fungsi mikrofon dan juga tombol fungsi remote.

Sehingga bisa menerima panggilan telepon mengatur volume musik juga mengganti lagu hanya dengan menekan tombolnya.

Handsfree sekarang ini yang paling banyak dijual ketimbang earphone, bahkan rata rata jika membeli smartphone akan ditambahkan satu handsfree dengan merk yang sama.

Jenisnyapun sudah merambah dengan handsfree wireless dan bluetooth sehingga tidak terganggu oleh kabel yang melilit tubuh.

Jenis  model dari Handsfree :

Earbud

yaitu handsfree yang menggunakan plastik dan keras pada bagian ujung untuk menempelkannya ke telinga sehingga masih ada suara dari luar yang masuk.

In Ear Monitor (IEM) : 

yaitu handsfeee yang menggunakan karet untuk ujung handsfree yang akan ditempelkan di lubang telinga sehingga kedao suara dari luar.


Namun orang orang lebih sering menyebut earphone ketimbang handsfree jadi yah tidak salah juga karena memang sama hanha berbeda dibagian mikrofonnya saja.

Baca juga : cara mudah download video dan musik di youtube

5. Handset

Contoh gambar dari handset

Terakhir ada istilah yang mirip mirip dengan keempat istilah diatas, yaitu handset?

Apa itu handset?

Handset adalah perangkat elektronik atau gadget yang bisa dibawa kemana mana hanga dengan menggunakan tangan seperti handphone, mp3 player, PSP dan Tablet.


Nah itulah perbedaan dari keempat alat dengat headphone headset earphone dan handsfree. Karena kalian sudab tahu, jadi jangan sampai salah sebut lagi ya !