Rabu

Cara Agar Ekskul Didukung dan Di Danai Sekolah

cara agar ekskul didukung dan didanai oleh sekolah

Oke whatsup guys kembali lagi dengan saya eko wardani, kali ini saya akan memberikan tips dan cara mengenai Cara Agar Ekskul Di Dukung Dan Di Danai Oleh Sekolah. Nah apabila artikel ini bermanfaat kalian bisa membagikan artikel ini ya thank you.

Oke seperti artikel artikel sebeluknya kali ini saya akan membahas tentang organisasi ektra sekolah atau yang biasa disebut ekstrakulikuler, nah biasanya ada beberapa ekskul yang sangat didukung dan ada juga beberapa ekskul yang seperti tidak di urus atau terbengkalai atau bahkan tidak diperhatikan.

Nah biasanya ekskul ekskul yang didukung ini adalah ekskul pramuka paskibra marchingband pmr dan ekskul ekskul besar lainnya, terutama ekskul pramuka dan pmr yang wajib ada disekolah,ekskul ekskul tersebut pastinya akan didukung oleh pihak sekolah mulai dari dana boss dan dana dana lainnya, apalagi jika ekskul ekskul tersebut sering mendapatkan prestasi.

Nah lalu bagaimana dengan ekskul ekskul kecil?, nah biasanya untuk mendapatkan perhatian kita harus melakukan beberapa hal dulu agar ekskul kita diakui dan di danai oleh sekolah, contohnya saya adalah ketua ekskul jurnalistik, ekskul ini baru berdiri selama 4 tahun disekolah berarti saya adalah angkatan ke 4 , ekskul jurnalistik ini benar benar tak terurus, bahkan saya tidak memiliki seorang pelatih, ya saya mengajarkan adik kelas saya atau junior saya hanya dengan sebuah handphone dan searching di google, padahal disekolah saya ada kamera dslr , tripod , kamera hd, dan alat2 lainnya tapi saya tidak diperbolehkan menggunakan alat alat tersebut. Itu semua karena ekskul saya ini belum berarti apa apa untuk sekolah saya.

Berbeda dengan ekskul paskibra di sekolah saya, ekskul tersebut bahkan sudah mempersembahkan puluhan atau bahkan ratusan piala untuk sekolah bahkan sampai2 tempat piala dipenuhi oleh piala2 paskibra, ekskul paskibra disekolah ini juga mengadakan sebuah acara lomba sejabodetabek dengan dana total 43 juta :v, kan gila kalau saya memegang uang sebanyak itu saya akan membeli sebuah kamera handycam dan drone untuk ekskul saya.

Oke langsung saja ke pembahasan tidak perlu berbasa basi lagi berikut adalah cara agar ekskul di dukung dan didanai oleh pihak sekolah :

1.Ekskul harus menguntungkan sekolah
Pertama dan wajib dimiliki semua ekskul di sekolah adalah menguntungkan untuk pihak sekolah. Untung disini maksudnya bukan menghasilkan uang untukbsekolah melainkan ekskul kalian itu bisa mengharumkan nama sekolah dengan cara mengikuti lomba dan mendapar juara sehingga ekskul pun mulai perhatikan oleh pihak sekolah, memang berat jika ekskul kita awalnya tidak diterima dan didukung apalagi jika ekskul yang baru berdiri. Tapi jangan putus asa sekali anda mengharumkan nama sekolah ekskul kalian pasti akan diakui oleh sekolah

2.kegiatan ekskul jelas dan tidak main main
Yang kedua adalah kegiatan ekskul kalian itu jelas sudah terstruktur mulai dari jadwal latihan sampai program kerja yang jelas hal ini sangat penting agar ekskul kalian tidak dianggap remeh oleh pihak sekolah

3.ekskul harus aktif
Yang ketiga adalah ekskul kalian harus aktif,  maksud akrif disini bukan hanya aktif dalam hal latihan, melainkan dalam hal ikut andil dalam acara sekolah sendiri maupun sekolah luar, yah misalkan kalian memiliki ekskul teater agar ekskul kalian diperhatikan kalian bisa menawarkan menampilkan sebuah drama di acara pmr ataupun pramuka disekolah anda ataupun luar, selain itu juga ekskul kalian harus aktif mengikuti lomba agar semakin banyak dikenal sekolah lain dan juga sekaligus mempromosikan sekolah sendiri.

Jika ekskul kalian berdampak positif dan menguntungkan untuk pihak sekolah dijamin ekskul kalian akan mulai di akui dan didanai oleh sekolah, jangan ragu ragu membuat proposal pengajuan dana kesekolah baik untuk barang lomba ataupun kostum kalian bisa mengajukannya ke sekolah karena itu adalah hak kalian untuk menggunakan dana boss, selain itu kalian juga bisa mengajukan proposal di bulan november karena pada bulan tersebut anggaran belanja sekolah harus sudah habis jadi dana kalian pasti akan cepat cair

Nah mungkin itu saja informasi yang dapat saya sampaikan kali ini semoga bermanfaat bagi khalayak umum dan termasuk kalian, oke terimakasih kerena menyempatkan diri membaca artikel saya ini wassalamualkum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarlah dengan kata kata yang baik dan bijaksana